Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Negeri Jakarta 2013/2014

Berdasarkan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013 (sumber: http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/sites/default/files/Lampiran_Permen_UKT.pdf)

Berikut ini kami lampirkan Biaya UKT UNJ 2013/ 2014

ukt unj 2013Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Dikti no. 272/E1.1/KU/2013: tentang kisaran tarif UKT (Uang Kuliah Tunggal) penjelasan mengenai Kelompok I, II, III, IV, dan V adalah sebagai berikut:

1. Tarif UKT kelompok yang paling rendah (Kelompok I) rentangnya yang bisa dijangkau oleh masyarakat tidak mampu (misal: kuli bangunan, tukang becak, dll) misal Rp 0,- s.d. Rp 500.000

2. Paling sedikit ada 5% dari total mahasiswa yang diterima membayar UKT Kelompok I

3. Untuk Kelompok III s.d V masing-masing membayar UKT sesuai dengan kemampuan ekonominya, dimana Kelompok V merupakan kelompok dengan UKT tertinggi sesuai dengan program studi masing-masing.

4. Paling sedikit ada 5% dari total mahasiswa yang diterima membayar UKT Kelompok II dengan rentang Rp 500.000,- s.d. Rp 1.000.000,-

Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Semaksimal mungkin akan kami bantu untuk menjawab, terimakasih šŸ™‚

About blog mahasiswa lampung UNJ

merupakan perkumpulan mahasiswa Lampung Universitas Negeri Jakarta

Posted on Juni 9, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 85 Komentar.

  1. di UNJ sy dengar tdk ada uang pangkal lagi,, apa benar?
    selain uang kuliah tunggal apa ada biaya tambahan lainnya?
    dan kalau untuk jalur seleksi mandiri sudah ada info terbaru belum ya?
    mohon infonya, terima kasih banyak :)))

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Dikti no. 97/E/KU/2013 Dirjen Dikti meminta kepada Pimpinan PTN untuk menghapus uang pangkal. Berarti tidak ada lagi Uang Pangkal. Selain UKT tentu tidak ada lagi biaya tambahan. Kecuali untuk biaya perkuliahan seperti buku, alat tulis, uang praktik atau jika mengambil SP (Semester Pendek). Untuk Ujian Mandiri informasi yang kami dapat bahwa Ujian Mandiri hanya untuk yang Alih Program. Jika kamu lulusan SMA, silahkan mengikuti SBMPTN atau UMB. šŸ™‚

      • kebetulan saya lulusan 2008..
        jadi tidak bisa melanjutkan di UNJ yaa?
        karena sy baca ketentuannya untuk SBMPTN itu harus yg lulusan 2013 ini
        sedangkan UMB utk lulusan 3 tahun terakhir.
        terima kasih banyak ya atas infonya šŸ™‚

    • iya tidak ada uang pangkal,, tapi mahal bener per semesternya. HAHA

  2. Kelompok I,II dst itu apa artinya???

  3. Saya mau tanya biaya kuliah untuk mahasiswa yang lulus UMB-PT di UNJ, apakah bisa dibantu? terimakasih.

  4. penggolongan itu siapa yang menetukan?
    apa hanya berdasarkan profesi saja???

    “Paling sedikit ada 5% dari total mahasiswa yang diterima membayar UKT Kelompok I” dan
    “Paling sedikit ada 5% dari total mahasiswa yang diterima membayar UKT Kelompok II dengan rentang Rp 500.000,- s.d. Rp 1.000.000,-”
    yang di mksud paling sedikit 5% itu maksudnya gmana???
    terimaksih atas perhatiannya

  5. maaf bedanya biaya kuliah tunggal sama uang kuliah tunggal apa?

  6. UKT itu maksudnya per semester atau gimana? Atau sampai lulus hanya membayar itu?

  7. saya mau tanya jursan s1 pgsd ini biayay jg termasuk untuk alih program. apakah s1 pgsd ada jalur alih program klo ada kpn mulai pendaftarany dan dimana mendaftarnya????terima kasih

  8. mohon informasinya saya wiwik lulusan D3 Teknik Elektro UNY,jika ingin melajutkan ke S1 UNJ apakah untuk rincian biayanya juga spt diatas ??kemudian syaratina apa saja ya ?
    mohon informasinya,terimakasih šŸ™‚

  9. jika UKT 4,1 lalu membayar persemester nya 1 juta, pembayaran UKT hingga berapa berapa kali? atau sampai UKT 4,1 lunas?

  10. Bang mau nanya, Jadi kita cuman bayar UKT doang ya? nah yang BKT gak usah dipikirin gitu? nah kalo bisa, saya pengen tau itu kriteria kelompok I sampai V.
    terimakasih!

  11. biaya kuliah tunggal itu maksudnya uang pertama yang dibayarkan atau bagaimana??

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Uang Kuliah Tunggal (UKT) itu biaya yang harus dibayarkan dari semester pertama sampai semester akhir. Jumlahnya tetap.

  12. Maaf, bedanya biaya kuliah tinggal dengan uang kuliah tinggal bag aim ana ya???

  13. bisa diberikan penjelasan berdasarkan penghasilan orang tua dlm penentuan pembayaran UKT UNJ? misalny penghasilan ortu yg 1jt-seterusny itu masuk ke gol.brp? terima kasih

  14. mau tanya sebelum ada UKT uang pangkal atau per semester di UNJ MIPA Biologi jalur SNMPTN tahun 2012 berapa biayanya?
    setelah ada UKT di golongan III dan IV harus membayar Rp. 2.850.000,- dan Rp. 3.750.000,-. bukannya jika di hitung sampai 8 semester jadi jauh lebih mahal?

  15. Permisi
    Saya mau nanya
    1. Apakah biaya tersebut untuk semua jalur masuk?
    2. Beda UKT dan BKT apa?
    Terimakasih

  16. permisi bg saya mau nnya, UKT itu siapa yg menentukan?? jenis jenis nya siapa yg menentukan?? misal ni saya, di trima di teknik mesin d3. ukt saya gmna?? tlg bls ya bg. terimakasih

  17. bagaimana mekanisme pengelompokannya? ayah saya PNS, kenapa UKT nya 6 juta???

  18. tolong jangan karena mahal sekali saya tidak jadi kuliah.. saya lulus jalur UMB-PT.. apa kriteria kelompok 2-5? *jujur saya langsung down. terima kasih.

  19. saya jadi bngung… dmana saya dapat membayarnya/melalui apa.. apakah bank.. apakah langsung ke unj nya..

  20. Di UNJ jurusan akuntansi nya, ada akuntansi rumah sakit tidak ?
    Makasih

  21. Saya mau nanya dong saya lulus nanti taun 2014 mau masuk unj lewat jalur mandiri bisa ga?

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Jalur Mandiri untuk tahun 2014 belum ada informasi resminya. Untuk tahun 2013 saja tidak semua jurusan mengadakan ujian mandiri. Lebih baik lewat jalur reguler (SNMPTN Undangan atau SBMPTN tertulis) saja.

  22. Saya lulusan 2013, kalau saya mau ikut sbmptn di thun 2014 apakah tes dan syaratnya sama dengan siswa lulusan 2014?
    Mohon jawabnnya terima kasih

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Ya, tes dan syaratnya mengikuti dengan saat pelaksanaan tes. Namun untuk memastikan silahkan ditunggu saat pendaftaran SBMPTN dibuka, ok.

  23. saya dari luar jakarta..
    rencananya mau masuk ke UNJ, tapi melalui jaluk bidik misi…
    syaratnya apa lagi dan kuotanya ada berapa ya????

  24. ka mau tanya dong, itu kelompok 1 2 3 itu maksudnya untuk siswa yang dpt jalur mandiri atau siswa yang daftar biasa? Makasih…

  25. lindapermatasari21@gmail.com

    kalau jurusan akuntansi ada engga? pendaftaran tahun 2014 dimulai bulan apa ya?

  26. kak jalur undangan unj,bidik misinya ada nggak? Alnya kata org tua ekonomi kami tdk memadai jd! Mw nanya bsa nggak kak?

  27. ada jalur gratisnya gak? dan saat kuliah ada seperti lowongan kerja buat mahasiswanya gak? terimakasih

  28. Saya lulusan 2013, kalo ikut sbmptn/mandiri unj bisa gak?

  29. maaf mau nanya dong kak, yang golongan I, II, II dst iu dibayarnya sampai lunas uang per semesternya atau bagaimana ya? trimakasih.

  30. qu mw tnya kak gmna dftar unj jakarta di jalur bidik misi syrat nya ap aj kak mhon blas nya

  31. Ka di unj itu harus jadi guru ya, atau gimana ka? ada yg bilang bisa iya bisa engga. Yang bener yg mana ka?

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Tergantung cita-cita dan keinginan kamu. Sebagai contoh, lulusan UNJ Prodi Pendidikan Teknik Sipil (dengan gelar S.Pd) dapat bekerja sebagai guru SMK (bidang Bangunan) dan dapat pula bekerja di bidang industri konstruksi.

  32. kalo lulusan smk bidang teknik otomotif masuk fakultas ekonomi bisa gak

  33. di UNJ ada SNPTN, SBMPTN apakah ada juga tes masuk mandiri kalo ada apakah ada pengumuman mass media

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Tahun kemarin hanya beberapa fakultas yang mengadakan Ujian Mandiri. Kami belum mengetahui untuk tahun ini. Info resmi ada di http://www.unj.ac.id dan akan diposting di blog ini. Tidak ada di mass media.

  34. mas saya mau tanya??
    kalo bwt pndataran mhasiswa baru, mulai di buka kpan..!!

  35. Apakah perincian biaya UKT msuk UNJ msh sm untuk tahun 2014 ini ?
    Thx.

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Untuk tahun ini belum ada informasi resminya. Jika sudah ada akan kami posting di blog ini, ok šŸ™‚

  36. Kakak kenapa tahun 2014 di unj ngga ada pgsd,waktu saya daftar smptn kata guru bk?

  37. Maksud pengelompokan itu apa dan siapa yg menentukan ??

  38. tara shinta ticola

    untuk yg mau mendaftar alih program fakultas ekonomi jurusan akuntansi, apa ada biaya selain biaya ukt? thanks

  39. . kalau masalah brngkat tuh sebulan berapa kalii???

  40. Hi ka.saya mau tnya kira2 klw seumpamanya sya telat untuk mendaftar mjdi mahasiswi baru itu bsa ga ka lewat jalur lain?gimna yah ka caranya?atau nunggu sampai pendaftaran dibuka lagi!klw mendaftar dgn ijasah paket yg setara dgn SMA itu bsa tdk ka?skrng sya di singapore tpi sya ada keinginan utk kuliah di UNJ ka,insyallah bln july ini sya pulng!mohon infony yah ka!THANK YOU:)

  41. kak saya mau tanya kalau biaya ukt untuk mahasiswa yg lewat jalur sbmptn sama tidak dengan yg lewat jalur snmptn?terima kasih mohon bantuannya šŸ™‚

  42. Berapa biyaya pendaftaran mahasiswa baru di unj

  43. assalamualakum mau nanya kalau orng tuanya yg dagang susu kira” uktnya berapa?

  44. putri septianah

    Saya mau nanya kak utk pembeayaran uktnya itu pas kita langsung keterima di unj atau bisa dibayar dari rentan waktu awal semester I sampai akhir semester I.. trims

  45. Ka mau tanya, saya daftar ke unj jalur sbmptn dan kelompok I karna ekonomi orang tua saya lemah, trus bayar keseluruhan dan persmsternya berapa? sebetulnya saya ingin ikut program bidikmisi, tapi kata pihak sekolah saya tdk ada. kira2 kalo saya lulus sbmptn di unj trus mau kuliah gratis bisa diusahain gak yah, soalnya saya sangat ingin kuliah. Mhon di bls ya kak

  46. Terimakasih kak atas balasan dan motivasinya, saya akan selalu semangat untuk nuntut ilmu. Amiin semoga saya keterima dan bisa kuliah di UNJ šŸ™‚

  47. ka, kalau gaji kotor ibu dan bapak ga tentu, tp kalo digabung 3-4jutaan perbulan, terus adik saya ada 2 orang. butuh biaya pendidikan juga adikk2 saya. kira2 saya bayar ukt berapa?

  48. Ka, saya ikut penmaba unj dan ternyata uktnya mahal sekali untuk yang selain fmipa, ttp penghasilan orang tua saya tidak sampai pada biaya yang ditentukan, bagaimana?

  49. Halo, saya mau tanya itu cara baca tabelnya, bedanya Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal tuh gimana ya?
    misal kalo mau ambil jurusan bhs inggris, ada BKT 4,1 juta, trus UKT yg golongan 5 juga 4,1 juta, ditotal ato gimana ya?

  50. ILMA NURSAFITRI . J

    SAYA MAU TANYA UNTUK JURUSAN MIPA BERAPA YA BIAYA PERSEMESTERNYA TERUS BERAPA LAMA MASAM KULIAHNYA……?????

  51. Kak saya lulusan 2013 dan skrg saya kerja, tpi saya pingin banget masuk unj , bisa ga ya kak kalo sambil kerja gitu? Trims

  52. kak syarat masuk bagi mahasiswa pindahan bagaimana syaratnya

  53. saya mau nanya. saya ingin masuk ke unj jalur bidik misi. persyaratannya apa aja dan terimakasih.

  54. Kira-kira total biaya kuliah untuk 1 semester berapa?

  55. rincian ukt di atas itu biaya seluruh atau per 1 semester?

  56. saya minta tolong infonya ttg pembayaran kuliah dan hal2 lain di UNJ untuk jalur Undangan:
    1. Apakah biaya kuliah tunggal ( BKT) bisa diangsur atw harus dibayar seluruhnya pada saat mau mulai kuliah ?
    2. Apakah biaya kuliah tunggal bisa diangsur atw hrs dibayar seluruhnya?
    3. Bagaimana syaratnya jika ingin mengajukan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi pada saat perkuliahan nnti?
    Demikianlah pryanyaan dari kami, atas jawaban dan bantuannya kami ucapkan terima kasih
    4. Apa bisa daftar ulang didampingi oleh wali ( pengganti orang tua)
    5. Apa2 sj yg harus dipersiapkan ut daftar ulang nnti?

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Kami coba membantu menjawab berdasarkan pengalaman karena bukan kami yang berwenang memberi kebijakan.
      1. Biaya tidak bisa diangsur, jika mengalami kendala dalam pembiayaan biasanya rekan-rekan BEM UNJ akan mendampingi dari Tim Advokasi.

      2. Harus dibayar seluruhnya. Kebijakan lain bisa menghubungi bagian akademik (BAAK)
      3. Syarat mengajukan beasiswa saat perkuliahan nanti, tergantung jenis beasiswanya. Biasanya syarat IP > 3,00 dan hal administratif lain seperti slip gaji orang tua, rekening listrik, dsb.

      4. Iya bisa

      5. Lihat di http://sikamala.com/2015/05/10/pengumuman-penting-snmptn-unj-2015/

  57. kalo lulusan smk jurusan TKJ masuk fakultas teknik bisa gak

  58. Saya ingin tahu total semua biaya yg hrs dibyr pada saat pertama pendaftaran dan uang sks untuk semester I ,jadi sy ada persiapan kira2 berapa dana yg hrs ada trims

  59. mohon maaf, saya joko suroso staf perencanaan iain jember jawa timur mau tanya rumus
    BKT = C x K1 x K2 x K3. di contoh itu C = 5,08 Jt apa diambil dari pembulatan OP. COST/SEM yg nilainya 5,077,601 itu

Tinggalkan komentar